Kamis, 04 Februari 2016

10 Hal Tentang Kimia Yang Perlu Kamu Ketahui



Sudah familiarkah kamu dengan yang namanya kimia? Kimia bagi sebagian orang mungkin dianggap begitu rumit dan menakutkan, tetapi jika kamu mengetahui beberapa dasarnya saja, kamu sudah setengah jalan untuk bereksperimen dan memahami seluk beluk dunia kimia itu. Di sini akan direview 10 hal tentang kimia yang penting kamu ketahui .
1. Kimia Merupakan Studi Tentang Zat dan Energi
Layaknya fisika, Kimia merupakan bagian dari ilmu fisika yang mempelajari  struktur zat dan energi serta cara keduanya berinteraksi satu sama lain. Materi pembangun dasar dari zat adalah atom yang bergabung membentuk molekul. Atom dan molekul berinteraksi untuk membentuk zat baru melalui reaksi kimia.
2. Ahli Kimia Menggunakan Metode Ilmiah
Para ahli kimia dan ilmuwan-ilmuwan lainnya menjawab misteri dunia ini dengan sebuah cara yang spesifik, yaitu metode ilmiah. Sistem ini membantu para ilmuwan dalam merancang penelitian, analisis data, dan akhirnya penarikan kesimpulan.

3. Kimia Mempunyai Banyak Cabang

Kimia itu layaknya sebuah pohon dengan banyak cabang. Karena area pembahasan kimia yang luas, setelah kamu melewati kelas pengantar kimia, kamu akan dibawa untuk memasuki berbagai cabang kimia yang mempunyai fokus tersendiri.

4. Penelitian Kimia Merupakan Penelitian Yang Paling Keren

Sangatlah sulit untuk menyangkal pernyataan ini karena penelitian biologi atau fisika yang luar biasa bisa saja di kategorikan sebagai penelitian kimia. Pemecahan atom, kimia nuklir, bakteri pemakan daging, dan biokimia hanyalah beberapa contoh kecil. Banyak ahli kimia yang mengatakan bahwa peralatan lab kimia lah yang membuat mereka tertarik dengan sains.

5. Kimia Merupakan Sebuah Sains Praktis

Jika kamu mengambil kelas kimia, kamu pasti akan dihadapkan dengan materi alat-alat lab. Ini karena kimia selalu berhubungan dengan reaksi kimia dan juga penelitian sebagaimana halnya teori dan praktik. Untuk memahami bagaimana para ahli kimia mengeksplor dunia ini, kamu perlu memahami bagaimana melakukan pengukuran, menggunakan gelas lab, menggunakan bahan-bahan kimia secara aman, dan mencatat serta menganalisa data penelitian.

6. Kimia Bertempat di Dalam Lab dan Juga Luar Lab

Ketika kamu menggambarkan seorang ahli kimia, kamu mungkin akan membayangkan seseorang yang memakai jas lab dan kacamata pengaman sedang memegang labu berisi cairan di dalam ruangan laboratorium. Iya, itu benar. Tetapi ada juga ahli kimia yang bekerja di dapur, di lapangan, di kebun ataupunjuga di kantor.
7. Kimia Merupakan Studi Tentang Segala Sesuatu

Segala sesuatu yang kamu bisa pegang, rasakan, atau cium terbuat dari suatu zat atau materi. Kamu bisa mengatakan zat atau materi adalah asal dari segala sesuatu. Dengan kata lain, kamu bisa mengatakan  bahwa segala sesuatu terjadi karena adanya reaksi kimia. Para ahli kimia mempelajari zat atau materi, oleh karenanya kimia disebut sebagai studi tentang segala sesuatu mulai dari partikel paling kecil sampai struktur paling besar.
8. Semua Orang Menggunakan Kimia

Kamu perlu mengetahui tentang dasar-dasar kimia, walaupun kamu bukanlah seorang ahli kimia. Tidak jadi masalah siapa kamu atau apapun yang profesimu, kamu bekerja dengan bahan-bahan kimia. Kamu juga memakannya dan memakainya. Obat yang kamu minum terbuat dari bahan-bahan kimia dan produk-produk yang kamu  gunakan dalam keseharian juga mengandung bahan kimia.
9. Kimia Mempunyai Banyak Lapangan Pekerjaan
Kimia merupakan sebuah pelajaran yang di harus diambil untuk memenuhi syarat sains umum karena kimia mengharuskan kamu berhubungan dengan matematika, biologi, dan fisika bersamaan dengan prinsip-prinsip kimia. Di perguruan tinggi, sarjana kimia bisa memasuki berbagai macam bidang karir, bukan saja sebagai ahli kimia.

10. Kimia Berada di Dunia Nyata, Bukan Saja di Lab

Kimia merupakan sains praktis sekaligus sains teoritis. Kimia sering digunakan untuk mendesain produk-produk yang orang gunakan dan juga untuk menyelesaikan masalah di dunia nyata. Penelitian kimia merupakan sains murni yang membantu kita untuk memahami bagaimana segala sesuatu bekerja, berkontribusi pada pengetahuan kita, dan membantu kita memprediksi tentang apa yang akan terjadi. Kimia juga merupakan sains terapan dimana para ahli kimia menggunakan pengetahuannya untuk  menciptakan produk baru, meningkatkan proses, dan juga menyelesaikan masalah.

Sumber: chemistry.about.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar