Rabu, 03 Februari 2016

Sejarah Jomblo

"Hari gini masih jomblo?" merupakan kalimat yang sempat menjadi tren beberapa waktu ke belakang. Kata jomblo bagi sebagian orang merupakan kata yang sudah tidak asing lagi. Bahkan kata tersebut bagi beberapa anak muda merupakan kata yang menjadi momok dan juga cemoohan sehingga menimbulkan berbagai macam meme di media sosial. Namun tahukah kamu bagaimana sejarah kata jomblo tersebut?

ilustrasi dari http://endaputranata.wordpress.com

Kalau kita mencari kata jomblo dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kita tidak akan menemukannya. Karena sebenarnya kita selama ini salah menggunakan atau mengeja kata tersebut. Dalam KBBI yang ada adalah kata Jomlo, tanpa menggunakan huruf b ditengahnya. Kata ini merupakan serapan dari bahasa Sunda yang mempunyai arti negatif yaitu gadis tua, dalam artian perempuan yang sudah tua umurnya tetapi belum menikah atau memiliki pasangan.

Tetapi dalam bahasa Indonesia kata Jomblo ini mengalami perluasan makna. Jomblo tidak hanya berlaku bagi perempuan saja, tetapi juga bagi laki-laki yang belum memilii pasangan. Begitu juga dengan maknanya, saat ini Jomblo tidak dipandang begitu negatif karena seiring perkembangan zaman banyak orang yang lebih terfokus pada karir sehingga belum memikirkan pasangan. Walaupun bagi sebagian kecil orang masih ada yang menganggap status jomblo itu sebagai negatif.

Jadi itulah sejarah kata Jomblo yang telah mengalami perluasan makna sehingga banyak dipakai saat ini. Bagaimana, sudah tahu kan sejarah Jomblo? ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar